Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha

5 Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha

Mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah sholat tentu menjadi kewajiban orangtua. Tak hanya ibadah sholat yang bersifat wajib, sebaiknya anak juga ditanamkan kebiasaan sholat sunnah seperti sholat dhuha. Seringkali yang menjadi tantangan adalah cara membimbing si kecil agar bisa menghafalkan bacaan doa sholat dhuha dengan baik dan benar.

Menghafal Doa Sholat

Anak memang sebaiknya dibimbing sedini mungkin untuk menghafalkan bacaan atau doa sholat. Apalagi jika ingin membiasakan anak untuk menunaikan amalan sholat dhuha. Berikut adalah 5 cara efektif membimbing anak agar hafal doa saat menjalankan ibadah dhuha:

1. Berikan Motivasi Dulu

Hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah memberi motivasi dulu kepada anak. Jika ingin anak melakukan sesuatu, apalagi hal ini mengarah pada kebaikan maka berikanlah motivasi. Sampaikan pemahaman mengenai pentingnya sholat dhuha dan semangati anak agar bisa menjalaninya setiap hari. Berikan semangat agar anak bisa menghafalkan bacaan atau doa sholat dhuha dengan baik.

2. Tunjukkan Contoh

Orangtua harus memberi contoh dulu untuk pertama kali, baru nanti anak akan lebih mudah melakukan hal yang sama. Orangtua bisa memberi contoh seperti apa sholat dhuha dijalankan lalu bagaimana doa yang dilantunkan. Ini akan menjadi cara terbaik bagi anak untuk mengenal amalan ibadah ini dan mengingat doa yang harus dilafalkan.

3. Gunakan Rekaman

Rekam bacaan dan doa sholat agar anak lebih mudah untuk memutarnya kembali saat menghafal. Ketika menghafalkan doa, akan jauh lebih mudah jika anak sering mendengarkan. Semakin sering mendengar maka akan semakin mudah otak untuk merekam atau mengingatnya. Mintalah anak untuk memutar rekaman tersebut setiap kali ada waktu luang.

4. Uji Hafalan Setiap Hari

Lakukan pengujian hafalan doa sholat ini setiap hari. Jika anak sudah mulai menghafalkannya maka orangtua perlu menguji hafalan tersebut secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah memang doa yang dihafalkan sudah tepat atau belum. Selain itu, pengujian hafalan ini juga bisa menjadi cara untuk membuat si kecil semakin hafal dan tidak akan melupakannya.

5. Berikan Apresiasi

Jangan lupa selalu berikan apresiasi sekecil apapun pencapaian buah hati tercinta. Saat anak sudah bisa menghafalkan doa sholat maka berikan hadiah atau pujian. Ini akan menjadi penyemangat bagi anak untuk terus melakukan hal-hal baik dan menjalankan ibadah dengan sebaik mungkin. Jika hafalan si kecil masih belum sempurna maka bimbing dengan sabar dan berikan motivasi.

Itulah 5 cara membimbing si kecil agar hafal doa sholat. Ini tak hanya berlaku untuk sholat dhuha namun juga sholat wajib lainnya. Anda bisa membaca beragam artikel islami untuk dijadikan referensi dalam membimbing anak agar lebih rajin beribadah. Arahkan kepada kebiasaan yang tepat sehingga anak akan tumbuh dengan iman kuat dan akhlak yang baik.

Manfaat Protein untuk Anak Previous post Inilah 5 Manfaat Protein untuk Anak
Susu Tinggi Kalori Next post Apakah Boleh Mengganti Asupan Makanan Lansia Dengan Susu Tinggi Kalori?