Susu Tinggi Kalori

Apakah Boleh Mengganti Asupan Makanan Lansia Dengan Susu Tinggi Kalori?

Kebutuhan nutrisi setiap orang akan berubah seiring bertambahnya usia. Perubahan kebiasaan makan dan nafsu makan sangat mungkin terjadi. Orang tua biasanya memiliki porsi makan yang lebih sedikit. Padahal, asupan vitamin, mineral dan kalori harus diperhatikan dengan cermat untuk menghindari bahaya kesehatan. Ada hal yang harus diperhatikan apabila ingin mengganti makanan lansia dengan susu tinggi kalori.

Memperhatikan banyak hal bukan berarti Anda harus mengikuti diet yang sangat ketat di usia tua. Setia orang tentu harus bersiap untuk tua nanti dan memastikan agar tetap bisa mendapatkan nutrisi yang penting dengan makan makanan dan suplemen bergizi seimbang dan menyiapkan susu (susu rendah lemak untuk mengganti susu berkalori tinggi).

Ketiganya dapat menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh lansia sehingga masa-masa tua bisa dijalankan dengan baik dan sehat. Namun terkadang sering ada pertanyaan apakah makanan tertentu dapat diganti hanya dengan mengonsumsi susu? Apakah keuntungan minum susu khusus orang tua dan lanjut usia?

Kebutuhan Nutrisi pada Orang Tua

Orang yang lebih tua memiliki tingkat metabolisme basal yang lebih rendah dan aktivitas fisik yang lebih sedikit sehingga mengurangi kebutuhan energi mereka. Ada perubahan lain juga dalam tubuh seperti penyerapan asupan vitamin D yang lebih rendah dan kurang efektif berbeda pda saat usia muda. Dalam beberapa kasus, mungkin perlu untuk fokus pada kebutuhan setiap individu karena kebutuhannya berbeda-beda.

Beberapa orang tua sudah tidak terlalu cocok dengan pola makan tiga kali sehari, tetapi yang terbaik adalah makan dalam porsi kecil namun sering yaitu lima kali sehari. Masalah-masalah ini harus diperhitungkan untuk menjaga nafsu makan dan memuaskan selera orang tua yang umumnya berbeda-beda.

Hal terpenting dalam menjaga nutrisi tersebut adalah membuat makanan dan minuman menjadi namun tetap mudah dikonsumsi oleh lansia. Selain itu, jauhkan orang tua Anda dari situasi yang bisa membuat stres atau melelahkan. Yang terbaik adalah mengonsumsi suplemen makanan dan susu tinggi kalori setiap hari namun tetap diikuti dengan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

Manfaat Susu Bagi Lansia

Susu merupakan asupan alternatif yang membantu memenuhi kebutuhan gizi lansia. Susu dapat dikonsumsi oleh siapa saja namun tentu harus dengan memilih susu sesuai dengan usianya karena memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.  Minum susu untuk lansia memiliki banyak manfaat yaitu menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoarthritis, mencegak osteoporosis, dan menjaga massa otot.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut dan berbagai manfaat lainnya, susu tinggi lemak dan susu tinggi kalori bukanlah jawaban yang tepat untuk lansia. Hal ini karena konsumsi lemak berlebihan dapat berdampak buruk. Anda dapat memilih susu Ensure dengan kandungan triple protein, Omega 3 dan 6, 14 vitamin dan 9 mineral serta memiliki kandungan laktosa yang rendah sehingga lebih aman untuk pencernaan.

Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha Previous post 5 Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha
Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi Next post Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi