Cara Berdzikir yang Sesuai dengan Sunnah Rasulullah

Cara Berdzikir yang Sesuai dengan Sunnah Rasulullah

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang bisa dilakukan kapan saja dan sangat bermanfaat bagi kehidupan seseorang. Ada banyak sekali bacaan dzikir yang bisa dibaca dan dihayati untuk membuat Anda semakin dekat dengan Allah. Berikut ini cara berdzikir yang sesuai Sunnah Rasulullah.

1. Membaca Istighfar 3x

Istighfar adalah bacaan dzikir yang paling mudah dan singkat. Anda tentu mengingatnya dengan baik dan sudah sering melakukannya. Bacaan dzikir ini dilakukan 3 kali setiap kali membacanya. Bisa dilakukan kapan saja diinginkan dan tentunya boleh dilakukan berulang kali.

2. Membaca 33 kali

Di dalam dzikir petang Anda juga bisa membaca bacaan tasbih, tahmid, dan takbir sebanyak 33 kali. Bacaan ini bisa menjadi dzikir pembuka yang dilakukan setiap kali Anda melakukan dzikir. Cara menghitung 33 kalinya bisa menggunakan ruas jari ataupun menggunakan alat tasbih yang bentuknya berupa rantai.

3. Memohon Ampunan

Saat berdzikir dilakukan sambal memohon ampun. Mengakui kebesaran Allah dan hanya menyembahnya saja. Meminta ampun kepada Allah saat berdzikir dari hati yang paling dalam dan memohon untuk dilindungi dari siksaan api neraka.

4 Pujian kepada Allah

Selain itu dzikir juga dilakukan sambal memuji Allah dengan nama-namanya. Mengatakan bahwa Allah Maha Segalanya dengan keagungan dan kemuliaannya. Setelah itu Anda bisa berdoa memohon kepada Allah tentang apa saja yang ada di dalam hidup.

5. Mengucapkan Doa-Doa

Dzikir Al matsurat berisi doa-doa yang sesuai dengan Sunnah Rasulullah dan ayat-ayat pilihannya. Biasanya dibacakan pada pagi dan sore hari. Doa-doa yang diucapkan dengan sepenuh hati dan khusyu tentunya akan membuat Anda merasakan Allah begitu dekat. Dzikir yang diucapkan akan menyentuh ke dalam hati dan dilakukan berulang kali.

6. Membaca Ayat Kursi

Dzikir juga dapat dilakukan dengan membaca ayat kursi. Anda bisa membacanya sekali saja atau diulang. Boleh melihat Al-quran atau kertas yang berisi ayat kursi atau lebih baik lagi jika memang menghafalnya.

Waktu terbaik untuk melakukan dzikir di pagi dan petang hari. Di mana Anda bisa mengambil waktu dhuha dan petangnya setelah sholat Ashar. Waktu ini akan membuat Anda dalam kondisi wudhu yang terjaga. Dzikir akan memberikan banyak manfaat bagi jiwa, sehingga mendapatkan ketenangan.

Manfaat Bersama Hanya di Nestle Previous post Manfaat Bersama Hanya di Nestle
Ini Dia Tips yang Bisa Menambah Berat Badan Ideal Kamu Next post Ini Dia Tips yang Bisa Menambah Berat Badan Ideal Kamu