Manfaat Protein untuk Anak

Inilah 5 Manfaat Protein untuk Anak

Supaya anak optimal dalam tumbuh kembang secara fisik ataupun mental serta memiliki sistem imun yang kuat maka anak membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan harus terpenuhi setiap harinya. Ada berbagai nutrisi yang harus terpenuhi untuk mendukung anak agak tumbuh secara optimal dan protein menjadi salah satu nutrisi yang berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan anak.

Protein memiliki banyak manfaat karena dengan protein terpenuhi maka proses membanung otot, sel otak dan jaringan pada tubuh menjadi lebih kuat. Namun tidak sampai di situ saja manfaat dari protein, tapi protein juga salah satu sumber energi bagi tubuh manusia. Di protein juga terdapat asam amino yang sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Protein bisa di dapatkan dari berbagai macam sumber makanan dan minuman seperti Susu tinggi protein dari prediasure, ikan, telur, unggas dll Nah sekarang kita juga akan membahas manfaat ketika protein terpenuhi pada anak. Simak penjelasannya berikut ini

  1. Membantu pertumbuhan dan perkembangan sel pada tubuh

Protein memiliki tugas yang sangat penting terutama dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh dan memastikan setiap sel di dalam tubuh mendapatkan suplai oksigen. Protein juga membantu dalam menjaga kulit, kuku, rambut tetap sehat dan kuat.

  1. Meningkatkan sistem imun

Di saat pandemi Covid 19 ini meningkatkan daya tahan tubuh ataupun sistem imun menjadi sesuatu yang wajin. Disinilah peran penting protein yang mana mampu menjaga serta memperbaiki sel yang berada di dalam tubuh rusak. Selain itu juga membuat antibodi bersamaan dengan sel darah putih yang dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat tahan terhadap virus, bakteri dll

  1. Membangung dan memperkuat otot

Membangun dan memperkuat otot bukan hanya tugas dari kalsium tapi protein juga memiliki andil yang sangat penting dalam membangung, menjaga serta menganti setiap jaringan yang mengalami kerusakan di dalam tubuh.

  1. Mempelancar metabolisme

Salah satu kemampuan protein adalah mampu membuat hormon serta enzim yang di butuhkan dalam proses metabolisme yang sehat terhadap tubuh.

  1. Sebagai sumber energi

Memang benar bahwa sumber energi tubuh manusia itu adalah karbohidrat dan lemak, tapi ternyata protein juga memiliki peranan penting sebagai cadangan sumber energi apabila asupan lemak dan karbohidrat harian tidak terpenuhi dengan baik.

Dengan mengetahui manfaat di atas, maka sebagai orang tua sudah menjadi tugasnya untuk menjamin kebutuhan nutrisi harianya terpenuhi dengan baik. Selain menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak, kekurangan protein juga beresiko mengalami gangguan kesehatan dan yang paling keliatan ya anak mudah lemas, lelah dan lapar serta mudah sekali mengalami demam.

Dokter Spesialis Obstetri dengan Ginekologi Previous post Ini Nih Arti Dokter Spesialis Obstetri dengan Ginekologi?
Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha Next post 5 Cara Membimbing Anak Hafal Bacaan Doa Sholat Dhuha