Seberapa Penting Peran Sarapan Dalam Tumbuh Kembang Anak?

Seberapa Penting Peran Sarapan Dalam Tumbuh Kembang Anak?

Pentingkah anak untuk sarapan tiap harinya? Sarapan menjadi kegiatan penting dan direkomendasikan dilakukan sebelum anak mengawali hari. Waktu sarapan yang direkomendasikan baik bagi anak maupun orang dewasa adalah sebelum jam 9 pagi. Acuan ini berdasarkan jam kerja di Indonesia yang sudah mulai pukul 7 pagi. Sebab itu, memberikan menu sarapan sehat untuk anak sebelum beraktivitas sangat direkomendasikan.

Mengapa anak disarankan makan sebelum pukul 9 pagi? Tubuh terakhir mengkonsumsi makan adalah 3 – 4 jam sebelum tidur. Durasi tubuh untuk beristirahat malam kurang lebih 7 jam. Selama waktu tersebut tubuh tidak mengkonsumsi makanan apapun dan dalam keadaan kosong. Sebab itu, sarapan pagi direkomendasikan paling telat 2 jam setelah bangun. Telebih anak balita yang hanya konsumsi makan lembut ataupun ASI yang mudah dicerna. Sehingga memberikan menu sarapan sehat untuk anak terbilang penting.

Apa yang terjadi pada tubuh ketika melewatkan sarapan pagi? Sarapan cukup penting manfaatnya. Salah satunya adalah mendukung daya pikir dan konsentrasi otak serta energi dalam beraktivitas. Tepat 2 jam setelah bangun, tubuh akan mengalami penurunan gula darah yang akan menyebabkan penurunan energi dan fungsi otak. Sebab itu, memberikan menu sarapan sehat untuk anak meskipun praktis sangat direkomendasikan. Terutama dalam masa tumbuh kembang.

Apa saja manfaat menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak? Ini dia beberapa manfaatnya.

  1. Suplai energi bagi anak. Anak cenderung suka mengeksplorasi lingkungannya dan menghabiskan waktu dengan bermain. Memberikan nutrisi pagi sebelum memulai hari bisa mendukung anak aktif bergerak.
  2. Mendukung kecerdasan anak. Melewatkan sarapan bisa menurunkan daya serap otak anak. Hal ini bisa mengurangi kesempatan anak mengenal dan mengeksplorasi lebih banyak.
  3. Menjaga postur tubuh ideal anak. Sarapan bisa menghindarkan anak untuk jajan berlebih. Hal ini dikarenakan anak sudah kenyang dan kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi.
  4. Menjaga mood anak. Rasa lapar pada anak membuat anak menjadi cranky. Hal ini menyebabkan mood anak seharian akan buruk. Dengan memenuhi asupan anak maka mereka akan happy menjalani aktivitasnya.
  5. Memperkuat imunitas anak. Keperluan nutrisi anak yang tercukupi akan membantu anak untuk memiliki imunitas yang baik. Sebab, nutrisi tubuh terpenuhi sehingga metabolisme tubuh lancar.

Penting sekali untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak selama tumbuh kembangnya. Sebab itu, ada baiknya untuk selalu menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak. Menu sarapan tidak perlu ribet dan anda bisa menyiapkannya dengan praktis. Beberapa menu sarapan sehat untuk anak adalah :

  • Sandwich. Sarapan praktis dan mudah anak serta bergizi adalah sandwich. Dimana anda bisa memasukkan sayuran, daging, telur ke dalamnya.
  • Bila tidak memiliki banyak waktu, sereal bisa menjadi opsi terbaik. Rasanya yang manis akan disukai anak. Bisa juga anda berikan semangkuk oatmeal sebagai pengganti.
  • Menu bento mudah sekali yakni nasi dengan sosis dan kreasi sayuran bisa menjadi opsi terbaik. Bahkan sayuran bisa menggunakan sayuran rebus yang dicocol dengan saus.
  • Pancake / Waffle. Banyak premiks pancake/ waffle yang bisa ditemukan di market. Anda tinggal menambahkan beberapa bahan tambahan dan membuangnya ke pan. Sajikan bersama saus karamel atau sirup maple.
5 Tips Bumbu Ayam untuk Masak Sup Ayam yang Segar Previous post 5 Tips Bumbu Ayam untuk Masak Sup Ayam yang Segar
Manfaat Bersama Hanya di Nestle Next post Manfaat Bersama Hanya di Nestle