Tiga Daerah Penghasil Kopi Terbesar Nusantara

Tiga Daerah Penghasil Kopi Terbesar Nusantara

Kopi menjadi hasil perkebunan yang banyak diminati masyarakat. Kopi sendiri menjadi salah satu jenis minuman yang kini bisa dikonsumsi langsung. Bahkan banyak usaha yang bergerak dibidang perkopian ini. Mulai dari kopi bubuk siap seduh, kopi seduh siap minum di berbagai kedai kopi, bahkan hingga kopi dalam kemasan siap minum kapanpun seperti Nescafe Kotak tersedia. Banyaknya ragam kopi siap minum dan produk olahannya ini membuat kopi menjadi hasil perkebunan yang cukup diminati.

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi melimpah. Jenis kopi yang dihasilkan dari perkebunan Indonesia adalah kopi robusta. Dimana kopi jenis ini mendominasi hasil perkebunan kopi di Indonesia yakni 81,87%. Sementara sisanya ditempati kopi dengan jenis arabika. Tidak heran jika kopi komersial dan beberapa produk Nescafe Kotak ada yang menggunakan kopi robusta hasil perkebunan dalam negeri tersebut.

Indonesia sering melakukan ekspor biji kopi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan kopi dunia. Dimana ada beberapa tempat di Indonesia yang dijadikan sebagai sentra perkebunan Indonesia. Bahkan tidak jarang produk Nescafe Kotak mendapatkan stok biji kopi dari berbagai tempat tersebut. Mana sajakah daerah penghasil kopi Nusantara terbesar? Simak jawabannya berikut.

  1. Sumatera Selatan

Daerah penghasil kopi terbesar Nusantara sendiri ada di Sumatera Selatan. Pulau Sumatera sendiri merupakan pulau dengan penghasil kopi Nusantara terbanyak. Tidak mengherankan jika banyak penduduk yang mengonsumsinya dan bahkan dijadikan buah tangan. Sumatera Selatan sendiri memiliki beberapa daerah yang menjadi sentra perkebunan kopi, diantaranya Musi Rawas, Kota Pagar Alam dan Muara Enim. Luasan lahan untuk perkebunan kopi sendiri sangat luas dan menjadikan Sumatera Selatan sentra utama penghasil kopi Nusantara.

  1. Lampung

Daerah ujung timur Sumatera ini menjadi sentra perkebunan kopi selanjutnya. Lampung sendiri memiliki luas perkebunan kopi terbesar kedua setelah Sumatera Selatan. Jenis kopi yang popular dihasilkan oleh perkebunan kopinya sendiri adalah kopi robusta. Lampung sendiri bisa menyumbangkan sebesar 17.44% hasil perkebunan nasional. Daerah Lampung yang menjadi penghasil kopi terbesar dalam daerah adalah Ulu Belu. Dimana hasil biji kopinya berkualitas dan sering diekspor ke luar negeri.

  1. Aceh

Aceh dan kopinya tidak bisa dipisahkan. Kopi Aceh Gayo menjadi popular dan disukai masyarakat baik dalam daerah Aceh maupun Nusantara. Rasa kopinya yang khas dengan aroma yang sedap menjadi ciri khasnya. Berbeda dengan Sumatera Selatan dan Lampung yang komoditas kopinya adalah jenis robustas, kopi Aceh termasuk jenis kopi arabika. Hal ini berkaitan dengan kondisi geografis Aceh yang berada di dataran tinggi.

Beberapa daerah di Aceh yang menjadi tempat penghasil kopi adalah Takengon, Gayo Luwes, Aceh tengah dan Benner. Uniknya di beberapa tempat tersebut, perkebunan kopinya sendiri milik masyarakat setempat dan dikelola sendiri oleh mereka.

Kapsul Kopi Nescafe terbaik yang perlu anda miliki Previous post Kapsul Kopi Nescafe terbaik yang perlu anda miliki
Perlukah Memberikan Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak? Next post Perlukah Memberikan Susu Penambah Berat Badan Untuk Anak?