Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi

Pandemi masih saja belum berakhir, entah sampai kapan. Pemerintah pun telah berupaya keras untuk menanggulangi wabah ini. Sekarang ditambah lagi virus Covid-19 yang berevolusi, contohnya varian delta yang begitu ditakuti.

Dalam keadaan seperti ini, diri sendirilah yang merupakan pernanan penting untuk menjaga kesehatan. Bagaimana upaya untuk tetap bugar selama pandemi? Bagaimana pula agar tubuh dapat memerangi virus-virus tersebut?

Jawabannya hanyalah satu, yakni tingkatkanlah daya tahan tubuh atau imunitas. Sistem imun ibarat benteng yang melindungi tubuh kita. Jika benteng tersebut kokoh, musuh tidak akan bisa masuk menyerang. Sebaliknya, jika rapuh musuh akan menyerang dengan mudah. Itulah gambaran umum mengenai peranan imun dalam menjaga tubuh dari penyakit.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Simak penjelasan berikut ini!

Tips Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

  1. Jangan Stress

Masa pandemi yang berlarut-larut seperti ini membuat semua orang jenuh. Saat hendak bepergian mereka selalu dihantui bayang-bayang virus corona. Virus yang tak terlihat namun sangat berbahaya.

Namun jangan risau, kita bisa menggunakan waktu di rumah untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Berkumpul bersama keluarga, bermain, bercerita, beribadah, dan melakukan hal yang menyenangkan lainnya. Ini semata-mata agar pikiran tetap jernih selama di rumah dan terhindar dari stress.

  1. Olahraga secara rutin

Waluapun pandemi ini memaksa semua orang untuk membatasi kegiatan di luar, bukan berarti kita tidak dibolehkan untuk berolahraga. Olahraga yang identik dengan outdoor tidak selalu harus dilakukan di luar rumah. Di dalam rumah pun bisa.

Kita tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, seperti angkat besi. Di rumah kita bisa melakukan olahraga seperti pemanasan, push up, sit up, pull up, lari mengelilingi halaman dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga bisa melakukan olahraga yoga agar pikiran menjadi fresh.

Jika di rumah terdapat alat gym, seperti treadmill dan kawan-kawannya pun bisa dimanfaatkan. Yang terpenting adalah bisa berolahraga secara rutin dan mendapatkan keringat.

  1. Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji atau fast food memang terlihat begitu menggiurkan. Namun, tanpa disadari jika terlalu sering makan makanan seperti ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Sebab makanan cepat saji memiliki kandungan bahan pengawet dan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Penuhi asupan vitamin

Manfaat vitamin bagi tubuh yakni sebagai stimulant agar tubuh tetap segar. Dengan meminum vitamin, daya tahan tubuh akan meningkat.

Vitamin tak hanya didapatkan dari tablet atau kapsul yang ada di apotek, makanan bergizi yang kita konsumsi juga mengandung vitamin.

  1. Hindari begadang

Tidur yang cukup akan membuat badan lebih bugar. Jika sering begadang tubuh akan terasa lemas dan mengantuk di pagi hari. Padahal itu merupakan waktu terbaik untuk berolahraga.

Jadi, tidurlah yang cukup, idealnya 8 jam untuk orang dewasa dan 10 jam untuk anak-anak. Ingat kesehatan lebih penting daripada begadang.

  1. Jangan merokok dan minum minuman beralkohol

Telah digaungkan tentang bahaya merokok, namun banyak orang yang masih saja merokok. Begitupun orang yang suka mabuk-mabukan.

Padahal rokok dan minuman beralkohol memiliki efek yang sangat buruk. Berisiko terkena serangan jantung, paru-paru, kanker, dan lain-lain. Semoga kita selalu dijauhkan dari penyakit tersebut.

Demikian beberapa tips hidup sehat yang dapat kita jalani untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selalu patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona. Yang terpenting perbekali diri dengan sistem imun yang kuat.

Tetap jaga kesehatan dan tetap semangat, walau pandemi masih berlangsung. Terus berdoa agar pandemi ini cepat hilang dari muka bumi.

Susu Tinggi Kalori Previous post Apakah Boleh Mengganti Asupan Makanan Lansia Dengan Susu Tinggi Kalori?
Kenapa Wanita Cocok Pakai Fortuner Next post Kenapa Wanita Cocok Pakai Fortuner? Ini Alasannya